Rabu, 05 September 2012

:: KANDUNGAN GIZI KENTANG/SOLANUM (TUBEROSOM L) ::



Kentang adalah tanaman tropika dan sub tropika. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 300-500 DPL. Tanah yang subur, drainase baik, tanah liat yang gembur, debut/debu berpasir cocok digunakan untuk menanam tanaman kentang. pH yang dibutuhkan untuk menanam tanaman ini berkisar antara 5-5,2. Kentang dapat tumbuh di daerah yang memiliki suhu 15-20 derajat celcius dan memiliki kelembapan udara 80-90%.

Kentang adalah tanaman sayur yang termasuk dalam jenis umbi-umbian. Tanaman umbi-umbian ini tumbuh menjalar dan tidak memiliki batang kayu. Warna daunnya adalah hijau kemerah-merahan atau ungu. Bagian tanaman kentang yang dimakan adalah bagian umbinya. Umbi kentang juga disebut sebagai "kentang".

Kentang adalah tanaman sayur asli Amerika Serikat. Tanaman sayur asli Amerika Serikat ini merupakan makanan pokok masyarakat Eropa. Ya, kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat. Karena kentang merupakan sumber karbohidrat maka kentang bisa digunakan untuk menggantikan nasi. Kentang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan rendah kalori. Oleh karena itu kentang cocok untuk dikonsumsi orang yang sedang diet. 


Kandungan Gizi Kentang per 100 g BDD
Kandungan GiziJumlah
Energi83,00 kal
Protein2,00 g
Lemak0,10 g
Karbohidrat19,10 g
Kalsium11,00 mg
Fosfor56,00 mg
Serat0,30 g
Besi0,70 mg
Vitamin A0,00 RE
Vitamin B10,09 mg
Vitamin B20,03 mg
Vitamin C16,00 mg
Niacin1,40 mg
Sumber: Dra. Emma S. Wirakusumah, M.Sc., 2001 dalam Buah dan Sayur untuk Terapai

Ada 3 macam kentang dilihat berdasarkan warnanya yaitu

  1. Kentang kuning
  2. Kenyang putih
  3. kentang Merah

Dari ketiga jenis kentang tersebut kentang kuning adalah kentang yang paling banyak dikonsumsi. Kentang kuning memiliki rasa yang lebih gurih dibanding jenis kentang yang lain. Selain ketiga kentang diatas, ada satu lagi kentang yang biasa disebut sebagai kentang hijau. Kentang hijau adalah kentang yang memiliki warna umbi (daging buah) berwarna hijau. Jenis kentang hijau tidak layak untuk dikonsumsi. Orang yang mengkonsumsi kentang hijau bisa mengakibatkan sakit perut, buang air, sakit kepala. Warna hijau pada kentang ini disebabkan karena panen yang terlalu dini dan kurang mendapat cahaya matahari.


Beberapa manfaat kentang :
  1. Diet
  2. Melancarkan fungsi pencernaan
  3. Untuk kecantikan (bisa digunakan sebagai masker dengan cara mencampurkan kentang dengan madu)
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi
  5. Berguna untuk penyakit jantung dan ginjal.
  6. Mengobati luka bakar.


Di Indonesia kentang biasa diolah menjadi campuran sayur sup, keripik kentang, kering kentang, kentang goreng, pergedel kentang, kroket, donat dan lain-lain.


||SANDAL 10.000 DESAIN, WELCOME FOR AGEN dan RESELLER, MODAL KECIL (MULAI 50rb), TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443 ||

1 komentar:

  1. Sudah tau kan gimana manfaat kentang gimana, kuy disimak juga resep kentang balado
    http://realeseresep.blogspot.co.id/2017/05/kentang-sambal-balado.html

    BalasHapus