Rabu, 19 September 2012

:: IKAN TERI YANG KAYA PROTEIN DAN KALSIUM SERTA FOSFOR ::




Ikan teri (Bilis) adalah ikan kecil yang memiliki panjang antara 7-40cm. Ikan yang hidup bergerombol ini memiliki warna tubuh ikan ini perak atau kebiruan. Ikan teri hidup di daerah pesisir laut.

Pesisir laut adalah tempat hidup plankton. Plankton adalah organisme hanyut yang berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Plankton adalah makanan bagi mayoritas ikan laut. Karena tempat hidupnya di pesisir laut, maka banyak nelayan yang mencari ikan di daerah pesisir laut. Salah satu bagian pesisir laut ada yang disebut sebagai "Estuaria". Estuaria adalah bagian pesisir laut yang merupakan tempat pertemuan antara air laut dan daratan. Di daerah ini dinamakan sebagai fishing ground. Fishing ground adalah tempat dimana nelayan meletakkan jaringnya untuk menangkap ikan.

Teri adalah bahan makanan yang merupakan sumber protein dan kaya akan kalsium. Teri memiliki kadar kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk mensubstitusi telur, susu dan daging. Walaupun bisa mensubstitusi susu, ikan teri tidak mudah diserap oleh tubuh. Jika susu mengandung fruktosa tidak demikian dengan ikan teri. Ikan teri tidak mengandung fruktosa sehingga tubuh tidak mudah menyerapnya. Ikan teri pun dikonsumsi sekalian dengan tulangnya. Karena dikonsumsi sekalian dengan tulangnya maka ikan teri ini banyak mengandung fosfor. Fosfor berguna untuk kesehatan gigi dan tulang. Jika demikian, teri pun baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan fosfornya dibutuhkan bagi tumbuh kembang janin.

Kandungan gizi /100 gr Ikan Teri Basah
Energi (Kkal)77
Protein (gr)16
Lemak (gr)1
Karbohidrat (gr)0
Kalsium (mg)500
Besi (mr)1
Fosfor (mg)500
Vit A (RE)47
Vit B (mg)0,05
Vit C (mg)80



Kandungan Gizi /100 gr Ikan Teri Kering Tawar
Energi (Kkal)
331
Protein (gr)
68,7
Lemak (gr)
4,2
Karbohidrat (gr)
0
Kalsium (mg)
2381
Besi (mr)
23,40
Fosfor (mg)
1500
Vit A (RE)
62
Vit B (mg)
0,10
Vit C (mg)
16,70

Kandungan Gizi /100 gr Ikan Teri Asin
Energi (Kkal)
193
Protein (gr)
42
Lemak (gr)
1.5
Karbohidrat (gr)
0
Kalsium (mg)
2000
Besi (mr)
2,5
Fosfor (mg)
300
Vit A (RE)
-
Vit B (mg)
0,01
Vit C (mg)
0

Harga ikan teri di pasaran relatif cukup murah dibanding sumber protein hewani yang lain. Sayangnya, ikan Teri masih ber-image sebagai makanan golongan ekonomi menengah ke bawah. Padahal, berbagai macam masakan enak dan sedap dapat dibuat dengan menggunakan teri ini. Bentuk olahan masakan dari bahan teri adalah sambal balado, pepes teri, teri goreng telur ataupun teri digoreng begitu saja sudah menjadi santapan yang lezat jika ia disandingkan dengan sambal dan nasi putih panas.

||SANDAL 10.000 DESAIN, WELCOME FOR AGEN dan RESELLER, MODAL KECIL (MULAI 50rb), TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443 ||

5 komentar: