Rabu, 13 Juni 2012

:: TAHU/ TAUHU ::



Tahu adalah makanan yang berasal dari negeri Cina. Nama Tahu adalah serapan dari kata Tauhu. Tauhu adalah makanan yang berasal dari sari kedelai yang diolah dengan cara difermentasi. Proses fermentasi dalam pengolahan tahu menggunakan asam cuka atau air kelapa.

Tahu mempunyai kadar air yang cukup banyak. Proses pengolahan tahu memang melewati banyak proses penyaringan. Oleh karena itu, kadar protein yang ada di dalam tahu tidaklah sebanyak makanan sumber protein nabati lainnya.

Tahu mudah sekali ditemui, sehingga lebih baik tidak menyimpannya dalam jangka waktu yang lama agar kandungan nutrisinya tidak banyak menguap. Jika memang ingin menyimpannya di dalam lemari pendingin, tahu hendaknya dicuci bersih kemudian diletakkan di dalam sebuah wadah sambil direndam dalam air bersih. Jika tahu disimpan dalam keadaan demikian insya Allah tahu akan tahan selama kurang lebih dua hari.

Tahu menjadi makanan pilihan sumber protein nabati. Tahu menjadi pilihan karena selain mudah ditemukan harganya pun relatif murah.

Kandungan nutrisi /100 gr Tahu:

  1. Energi  (KJ)                       : 318 
  2. Karbohidrat (gr)               : 1,9
  3. Lemak (gr)                         : 4,8
  4. Besi  (mg)                           : 5,4
  5. Magnesium  (mg)              : 30
  6. Kalsium (mg)                     : 350

Kandungan kalsium yang ada didalam tahu setara dengan kandungan kalsium yang ada di segelas susu.

Tahu diolah menjadi banyak variasi masakan. Misalnya: Opor Tahu, Bumbu Bali, Tumis, Bacem, Tahu Isi, Pepes Tahu, Pergedel Tahu, Martabak Tahu, Tahu Campur atau digoreng begitu saja sebagai lauk.


|| SANDAL 10.000 DESAIN, WELCOME FOR AGEN dan RESELLER, MODAL KECIL (MULAI 50rb), TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443 ||


Tidak ada komentar:

Posting Komentar