Senin, 04 Juni 2012

:: MAKAN MAKANAN BERNUTRISI ::



Kalo dulu orang diet karena ingin langsing. Langsing supaya terlihat indah. Begitu ya kata orang...:)


Sekarang tren itu berubah. Orang diet adalah supaya sehat. Supaya lebih bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan dan membahagiakan lebih lama...:)

kalo orang diet biasanya mikirin apa saja makanan yang diasup..diberikan ke tubuhnya. kemudian mikirin berapa banyak sih kalorinya? :D #diet itu ribet..

Apa sih kalori itu?

Kalori adalah satuan energi yang digunakan untuk menyatakan banyaknya energi.

Kalori biasanya dikaitkan dengan jumlah energi yang terkandung dalam makanan.

Mengapa sih kita perlu makan.

Kita makan karena makanan adalah:


(1) Sumber tenaga (untuk bergerak dan beraktivitas)

(2) Sumber zat pembangun (untuk tumbuh besar...:D)

(3) Sumber zat pengatur (mengatur semua organ tubuh)

----

Tubuh itu membutuhkan nutrisi.

Nutrisi adalah zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan oleh sistem tubuh.

Nutrisi kita dapatkan dari mana? Nutrisi kita dapat dari makanan dan cairan..:)


Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah:

(1) karbohidrat

(2) Protein

(3) Lemak

(4) Vitamin dan mineral

(5) Serat



---

(1) Karbohidrat
Guna : sumber energi utama tubuh.

Karbohidrat dengan IG rendah lebih disarankan daripada karbohidrat dengan IG tinggi.

IG adalah singkatan dari Indek Glukomik. IG adalah angka indeks yang menunjukkan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Makanan dengan IG rendah akan meningkatkan kadar gula naik perlahan. Jika kadar gula naik perlahan maka perut akan merasa lebih lama merasakan kenyang. Kalo lebih lama kenyang maka keinginan untuk makan (lagi) akan lebih kecil.

Sumber makanan dengan IG rendah : roti gandum, sereal, kacang-kacangan, nasi merah



‎(2) Protein


Guna protein adalah sebagai sumber energi (selain karbohidrat), untuk pertumbuhan, regenerasi sel, penyembuhan luka, menjaga kesehatan tubuh (anti bodi), mengatur kerja hormon.

Protein disusun oleh asam amino. Asam amino ada dua macam yaitu essensial dan non essensial. Asam amino essensial adalah asam amino yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Asam amino non essensial adalah asam amino yang bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Asam amino essensial dapat kita dapatkan dari makanan yang kita makan. Protein hewani lebih banyak mengandung asam amino essensial daripada protein nabati.

Telur adalah salah satu sumber protein nabati. Kandungan gizi dalam telur juga lengkap. Relatif lebih murah daripada sumber protein hewani yang lain.


‎(3) Lemak

Guna lemak adalah sebagai cadangan energi, pelindung organ tubuh, menjaga kesehatan kulit dan rambut, menjaga metabolisme tubuh, menjaga suhu tubuh dan juga melarutkan vit A, D, E dan K.

Ada dua macam lemak yaitu lemak baik danlemak jahat.

Lemak jahat adalah lemak yang berasal dari lemak jenuh (saturated fat) dan lemak trans (trans fat).

Sumber lemak jenuh adalah daging, jerohan sedangkan sumber lemak trans adalah makanan yang digoreng dan minyak sayur yang dihidrogenasi.

Jika lemak jahat dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan resiko jantung koroner dan tekanan darah berlebih. Oleh karena itu dinamakan lemak jahat. Lemak yang menyebabkan penyakit...:)

Lemak baik adalah lemak yang berasal dari olive oil, canola oil, minyak sayur, kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, kenari, alpukat.

Lain halnya dengan lemak jahat, lemak baik ini justru baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat lemak baik adalah untuk menurunkan resiko jantung koroner.



(4) Vitamin

Ada 13 vitamin yang diperlukan oleh tubuh. ke 13 vitamin tersebut adalah A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat)

Vitamin ada yang dapat dan tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Hanya vitamin D dan K yang bisa dihasilkan oleh tubuh.

Oleh karena itu, perlu makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Guna vitamin adalah untuk pertumbuhan, fungsi syaraf dan juga energi.

(5) Mineral

Macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah

a) Kalsium
(susu, keju, yoghurt dll)

b) Krom
(?)

c) Seng
(tiram, daging sapi, daging ayam, almond, keju dan Yogurt)

d) Magnesium
(SUSU, kacang-kacangan, bayam, makanan laut, dan kedelai)

e) Zat Besi
(daging dan ikan)

f) Selenium
(kacang brazil, tuna, mie atau nasi, keju dan telur)


Di dalam tubuh ada ratusan enzim yang bekerja untuk tubuh kita. Ratusan enzim ini membutuhkan mineral sebagai bahan bakarnya.

(6) Serat

Guna serat adalah membuang sisa makanan yang tidak bisa diserap oleh tubuh; menjaga berat badan ideal, mencegak resiko diabetes.

Sumber serat adalah buah -jeruk, sirsak, pepaya-, sayuran -kacang panjang, buncis, tauge, brokoli, wortel, tomat-; dan sereal,



|| SANDAL 10. 000 DESAIN, WELCOME FOR RESELLERS, Investasi Reseller Mulai 50rb Saja, GARANSI UANG KEMBALI, TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443||

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar