Minggu, 10 Juni 2012

:: KANGKUNG/WATER SPINACH ::



Kangkung adalah sayuran yang mudah ditemui di tukang sayur, pasar dan supermarket maupun hypermarket.

Sayuran berwarna hijau ini bisa tumbuh di darat maupun di air. Tumbuh di tempat yang berbeda membuat kangkung yang tumbuh di darat dan air memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Kangkung darat memiliki bunga berwarna putih bersih, batang kecil dengan warna putih kehijau-hijauan serta biji yang banyak. Biji kangkung yang banyak ini membuat kangkung darat diperbanyak dengan menggunakan bijinya.

Lain halnya dengan kangkung air, kangkung air diperbanyak dengan cara menyetek pucuk batangnya.  Jika kangkung darat memiliki warna bunga putih bersih, warna bunga kangkung air pun putih namun sedikit kemerah-merahann. Batang kangkung air lebih besar daripada kangkung darat sehingga membuat beberapa orang lebih menyukai kangkung air daripada kangkung darat.

Kangkung adalah tanaman sayur yang memiliki umur panen pendek. Kangkung air dalam waktu 4 minggu sudah bisa dipanen sedangkan kangkung darat sudah dapat dipanen setelah 6 minggu.

Tanaman ini asalnya dari India menyebar ke Birma, Malaysia dan sampai ke negara kita Indonesia. Di Sumatra orang menyebutnya sebagai Kangkueng; Nusa Tenggara sebagai Pang Pung; Sulawesi sebagai Kangko dan di Maluko orang menyebut Kangkung sebagai Utangko.

Sayuran ini biasa diolah menjadi tumis kangkung, ca kangkung, sayur asem kangkung, urap, pecel, plecing kangkung atau hanya direbus saja untuk kemudian dikonsumsi sebagai lalapan.

Selain dimasak, kangkung ternyata juga bisa digunakan sebagai obat. Kangkung bisa digunakan untuk mengurangi haid, obat mimisan, sakit kepala, ambien, sakir gigi, melancarkan air seni, menghilangkan ketombe dan juga bisa digunakan sebagai obat penenang.

Ya, kangkung memang bisa digunakan sebagai sedatif/obat penenang. Mengkonsumsi kangkung bisa membuat otak bekerja lebih tenang dan rileks sehingga kangkung ini bisa digunakan untuk mengatasi insomnia. Namun alih-alih mengkonsumsi kangkung membuat orang menyalahkan kangkung sebagai biong kerok penyebab kantuk..


|| SANDAL 10.000 DESAIN, WELCOME FOR AGEN dan RESELLER, MODAL KECIL (MULAI 50rb), TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443 ||

Tidak ada komentar:

Posting Komentar