Rabu, 20 Juni 2012

:: KANDUNGAN GIZI DAGING ::





Daging adalah bagian tubuh hewan yang dijadikan makanan. Daging hewan yang biasa dikonsumsi manusia adalah daging ayam, daging sapi dan daging kambing.

Konsumsi daging di Indonesia belum sebanyak konsumsi daging di luar negeri. Padahal, daging memiliki kandungan gizi tinggi. Hal ini mungkin dikarenakan harga daging yang relatif lebih Daging adalah sumber protein hewani. Protein hewani yang dimilki daging hewan mengandung asam amino yang mirip tubuh manusia. Protein bagi tubuh manusia berguna bagi proses tumbuh dan perbaikan sel tubuh, membentuk plasma dan enzim yang berguna bagi tubuh, penghasil energi.

Kandungan nutrisi /100 gr daging:
1.          Kalori (KKal)                    : 207 
2.          Protein (gr)                      : 18,8
3.          Lemak (gr)                       : 14
4.          Kalsium (mg)                   : 11
5.       Phospor (mg)                 : 170

6.       Besi (mg)                        : 28

Daging sapi dan daging kambing hampir memiliki struktur yang sama. Sehingga untuk beberapa orang yang belum terbiasa agak sulit membedakan keduanya.


Perbedaan antara daging sapi dan daging kambing adalah pada perbedaan warna, serat, warna lemak dan baunya. Daging sapi memilik warna merah pucat, serat yang halus, lemak berwarna kuning dengan tekstur keras dan tidak kaku. Lain halnya dengan daging sapi, daging kambing memiliki warna merah tua, serat yang halus dan lembut, lemak yang keras dan kenyal, warna lemak yang putih kekuningan dan memiliki bau khas kambing.

Dalam membeli daging hendaknya daging yang segar. Daging yang megeluarkan "cairan" berwarna merah hendaknya jangan dipilih. Cairan berwarna merah itu bukanlah darah..namun adalah sari daging. Daging yang setelah dipegang tidak kembali seperti semula maka daging tersebut bukanlah daging yang segar lagi.

Daging yang telah dibeli namun tidak segera diolah disimpan dalam freezer.  Untuk menyimpannya, daging tersebut dipotong-potong terlebih dahulu kemudian disimpan dalam wadah tertutup dan masukan ke dalam freezer.  Jika beli di supermarket dalam bungkusan styrofoam...saat akan diolah rendam daging beserta styrofoamnya. Hal ini bertujuan supaya vitamin yang terkandung di dalam daging tidak larut bersama air . Daging beku yang direndam di dalam air langsung akan membuat rasa daging menjadi tidak gurih lagi.

Bentuk olahan daging sangatlah beragam. Daging diolah menjadi sup daging, semur, steak, lada hitam, rendang, tonseng, empal 
dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar