Kamis, 07 Juni 2012

: CUMI-CUMI/SQUID ::




Di Indonesia binatang laut ini dikenal juga dengan nama enus, sotong, sontong tapi bukan sotoy..:D

Cumi-cumi memiliki kandungan  protein dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan mineralnya yang tinggi ini membuat cumi dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Mineral adalah nutrisi yang ditubuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis.

Per 100 gr Cumi-cumi mengandung

Kalori                   : 78 Kkal
Protein                : 13.2g
Karbohidrat        : 2.62g
Lemak                 : 1.2g
Serat                    : 0.0g
Selenium             : 38mg
Riboflavin            : 0,35mg
Vitamin B12         : 1.1mg


Cumi-cumi dijumpai dipasar dalam bentuk segar ataupun sudah diasinkan. Cumi-cumi yang dijual di pasar tradisional lebih baik daripada cumi-cumi yang ada di pasar modern.  Kebanyakan Cumi-cumi yang ada di pasar modern adalah Cumi-cumi yang sudah dibekukan.

Cumi dengan tinta hitamnya oleh beberapa orang dijadikan sebagai makanan kegemaran. Namun, beberapa orang lain lebih menyukai cumi yang sudah bersih dari tinta.


Rasa gurih yang dimiliki cumi adalah karena kandungan asam amino essensial dan non essensial yang dikandung oleh cumi. Rasa gurih dan kekenyalan dagingnya membuat cumi cocok untuk diolah menjadi beberapa masakan lezat.

Beberapa contoh masakan lezat dari bahan cumi:


1. Cumi goreng tepung.
2. Cumi asam pedas.
3. Cumi masak hitam.
4. Cumi tumis cabe hijau


#  MEMBERSIHKAN CUMI-CUMI 
# CUMI CABE IJO

|| SANDAL 10.000 DESAIN, WELCOME FOR AGEN dan RESELLER, MODAL KECIL (MULAI 50rb), TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443 ||

Tidak ada komentar:

Posting Komentar