Jumat, 15 Juni 2012

:: BAYAM / AMARANTHUS ::





Bayam adalah sayuran yang mudah ditemui di tukang sayur, pasar dan supermarket maupun hypermarket.

Sayuran berwarna hijau ini ada dua macam yaitu bayam petik dan bayam cabut. Setidaknya ada 800 species bayam.


Bayam petik memiliki ukuran daun lebar. Bayam jenis ini biasa digunakan sebagai lalapan atau untuk gado-gado maupun lotek serta digunakan untuk keripik bayam. Jenis bayam yang lain adalah bayam cabut, Jenis bayam cabut ini memiliki lebar daun kecil sehingga cocok untuk dimasak menjadi sayur kuah semisal sayur bening bayam atau sayur bobor bayam. Bayam jenis cabut ini ditanam dalam waktu singkat (25 hari)

Tanaman ini asalnya dari Amerika. Di negara asalnya, bayam digunakan sebagai tanaman hias. Sedangkan di negara berkembang termasuk di Indonesia bayam dibudidayakan untuk dikonsumsi oleh manusia. Bayam adalah salah satu jenis bahan makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi yang dikandung oleh bayam membuat bayam cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita anemia.



Selain kandungan zat besinya yang tinggi, bayam juga merupakan bahan makanan yang mengandung serat, vitamin C, asam folat.



Walaupun Bayam berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti disentri, eksim, anemia dan beberapa penyakit lainnya namun bayam jika diolah dengan cara yang salah justru akan berbahaya bagi tubuh. Bayam tidak boleh dipanaskan ulang karena setelah dipanaskan ulang bayam justru akan berubah menjadi Fe3+ (Ferro) yang berbahaya bagi tubuh dan langsung dimakan setelah dimasak. Untuk memasak bayam sebaiknya gunakan panci stainless steel. Panci stainless steel tidak akan bereaksi dengan senyawa Ferro yang berbahaya bagi tubuh.


||SANDAL 10.000 DESAIN, WELCOME FOR AGEN dan RESELLER, MODAL KECIL (MULAI 50rb), TANPA MINIMAL ORDER, PASTI LAKU (Insya ALLAH), 08572 650 9 443 ||

1 komentar:

  1. Setelah memasak bayam ada kemungkinan pancinya bakal meninggalkan noda hitam membandel. Tidak usah bingung. Tenang sudah dishare tips menghilangkan noda hitam itu di http://bit.ly/1m4zxvc . Mulai membersihkan noda hitam membandel itu dengan cara yang tepat.

    BalasHapus